www.AlvinAdam.com

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Serangkaian Kecanggihan Teknologi di Balik LaLiga

Posted by On Maret 03, 2018

Serangkaian Kecanggihan Teknologi di Balik LaLiga

Bisnis.com, JAKARTA â€" Pada pekan ini, LaLiga memamerkan teknologi yang digunakan oleh kompetisi sepak bola Spanyol yang terkenal di dunia. Beragam sistem penyiaran dan pengumpulan data yang canggih menjadikan LaLiga salah satu tontonan televisi olah raga terbaik di dunia.

Teknologi canggih tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menyediakan informasi taktis dan strategis terkini bagi para klub yang tergabung dalam LaLiga. Demonstrasi teknologi ini merupakan hasil kerja sama antara LaLiga dengan Mediapro Group sebagai mitra produksi LaLiga.

Stadion RCD Espanyol (RCDE) terpilih menjadi lokasi pertama yang dipamerkan oleh LaLiga di Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol. MWC adalah salah satu ajang teknologi terbesar di dunia, dihadiri oleh lebih dari 100.000 pakar t eknologi setiap tahunnya. Dalam ajang ini, LaLiga juga memberikan informasi mengenai teknologi yang digunakan oleh liga sepak bola terbaik di dunia ini.

“Tujuan kami bukan hanya untuk menghadirkan pertandingan kelas dunia bagi para penggemar kami, tetapi juga untuk menyajikan pengalaman audio-visual yang memukau. Selain itu, LaLiga juga menyediakan berbagai perangkat bantu untuk mendukung para pelatih untuk membuat klub-klub LaLiga menjadi semakin baik,” ujar Joris Evers, Chief Communications Officer LaLiga, dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (3/3/2018).

Berikut beberapa kecanggihan teknologi yang disuguhkan LaLiga:

  • 4K HDR

Para penggemar sepak bola Spanyol dimanjakan dengan pengalaman visual tingkat tinggi, yaitu dengan adanya siaran berkualitas 4K High-Dynamic-Range (HDR) yang ditayangkan oleh LaLiga untuk dua laga utama pada setiap matchday.

Ada 20 kamera HDR yang digunakan khusus untuk menghadirkan taya ngan berkualitas ini, sedangkan untuk pertandingan-pertandingan istimewa lainnya, seperti El Clasico, dan El Derbi,, ditambahkan juga sejumlah kamera tambahan, seperti kamera helikopter dan kamera derek.

  • Skycam

Stadion RCDE dipilih dengan tujuan untuk memperlihatkan Skycam, yang sedang beroperasi di ketinggian 21 meter di atas lapangan, dan mampu menghasilkan rekaman dengan sudut pandang dari atas yang unik.

  • Intel True View

Teknologi Intel True View yang telah digunakan dalam beberapa tahun belakangan dilengkapi dengan teknologi replay 360°, sehingga membuat tiap detik pertandingan dapat disaksikan dalam format 3D dan menawarkan sudut pandang yang unik dari berbagai sisi bagi para penonton televisi di seluruh dunia.

Hasil video 2D yang dihasilkan oleh 38 kamera yang beroperasi di stadion diproses melalui serangkaian serv er Intel, yang memungkinkan tayangan ulang untuk disaksikan dari berbagai posisi dan sudut pandang. Teknologi ini digunakan secara reguler dan telah disematkan secara permanen di stadion Camp Nou (Barcelona FC), stadion Santiago Bernabeu (Real Madrid), stadion Wanda Metropolitano (Atletico de Madrid) dan stadion Ramon Sanchez-Pizjuan (Sevilla FC).

  • Live 3D Graphics

LaLiga adalah satu-satunya kompetisi nasional yang menawarkan fitur grafis Live 3D saat siaran langsung. Fitur ini memberikan data pertandingan yang lebih lengkap kepada para penonton serta sajian visual yang memukau. Teknologi ini juga bisa memperlihatkan perubahan taktik dan posisi yang terjadi di lapangan, disertai analisa taktik pertandingan yang diilustrasikan saat momen pemutaran ulang.

  • Virtual Reality

LaLiga terus meningkatkan kualitas siaran secara signifikan dalam beberapa musim belakangan dan banyak melakukan rencana pengembangan untuk masa mendatang. Tim riset dan pengembangan Mediapro bersama dengan tim LaLiga kini tengah bereksperimen dengan teknologi Virtual Reality (VR).

Untuk mendapatkan sumber asli dalam rangka pengembangan perangkat ini, maka laga El Clasico yang dihelat pada Desember lalu direkam dengan menggunakan dua kamera 360º dan empat kamera 180º, yang memungkinkan produksi konten audio-visual dengan format 3D dan 2D.

  • Mediacoach

Selain menyajikan pengalaman yang luar biasa kepada penonton melalui inovasi penyiaran terkini, LaLiga juga menggunakan teknologi termutakhir untuk menyediakan berbagai piranti pelatihan yang terbaik bagi klub sepak bola yang tergabung dalam LaLiga.

Terkait hal ini, melalui fasilitas Mediacoach, yang merupakan serangkaian layanan dan piranti analisa pertandingan terk ini yang dikembangkan oleh Mediapro, LaLiga juga menyediakan berbagai data yang berisi analisa mendalam mengenai berbagai aspek pertandingan kepada para staff pelatih di setiap klub sepak bola.

Tag : la liga, liga spanyol Editor : Maftuh IhsanSumber: Google News Bisnis Indonesia

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »