KPU Bantul Bentuk Relawan Demokrasi - Warta 24 Indonesia
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

KPU Bantul Bentuk Relawan Demokrasi

Warta24-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengharapkan relawan demokrasi yang tengah dibentuk lembaga penyelenggara pemilu bisa meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa pentingnya Pemilu 20…



Warta24-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengharapkan relawan demokrasi yang tengah dibentuk lembaga penyelenggara pemilu bisa meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa pentingnya Pemilu 2019.
Didik Joko Nugroho sebagai ketua KPU Bantul  menegaskan, "Relawan demokrasi yang akan mulai bekerja di akhir Januari sampai dengan April diharapkan dapat menumbuhkan kembali kesadaran positif masyarakat akan pentingnya Pemilu,". Sabtu, Bantul, (12/01).
Dengan demikian, lanjutnya, pada akhirnya nanti para relawan demokrasi KPU Bantul yang pendaftarannya dibuka sejak 10 sampai 15 Januari 2019 tersebut dapat menggerakan masyarakat untuk aktif dalam setiap tahapan pemilu.
Didik menegaskan pula, relawan demokrasi yang  berjumlah 55 orang itu akan menjadi strategis KPU Bantul dalam hal pendidikan memilih dan sosialisasi kepada masyarakat sehingga terwujud pemilih yang cerdas di Bantul.
"Keberadaan relawan demokrasi ini akan bersinergi dengan penyelenggara Pemilu yang sudah ada, baik itu panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) serta relawan sadar pemilu yang ada di masing-masing dusunnya,"tambahnya.
Menurut dia, para relawan demokrasi yang akan dibentuk oleh KPU Bantul ini akan melakukan pendidikan pemilih dan sosialisasi tahapan pemilu di sebelas basis pemilih se-Bantul.
"Yaitu, basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan,penyandang disabilitas, pemilih kebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan, warga internet dan basis relawan demokrasi."katanya.
Sementara itu, Musnif Istiqomah sebagai Komisioner KPU Bantul Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, menerangkan bahwa pendaftaran relawan dibuka dari 10-15 Januari di KPU Bantul dengan tes wawancara pada 16 Januari dan akan di umumkan pada 17 Januari 2019.
Dirinya juga menegaskan salah satu syarat relawan demokrasi adalah minimal 17 tahun dan sudah tercatat sebagai pemilih Pemilu 2019 yang dibuktikan dengan surat keterangan sebagai pemilih dari PPS setempat.
"Untuk persyaratan dan informasi terkait relawan demokrasi dapat diakses melalui website KPU Bantul di www.kab-bantul.kpu.go.id. Selanjutnya untuk berkas lamaran diterima pada hari kerja pukul 08.00-16.00 WIB,"katanya.

pengen kuliah tapi bingung mau kemana? coba klik disini

Penulis : Muhamad Wajih R
Gambar : Merdeka.com
Sumber : Antara