Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

'Samsat J'bret' Solusi Warga Jabar Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Warta24 --Mulai senin (28/01), Layanan Samsat J’bret (Samsat Jawa Barat Ngabret) di resmikan oleh Pemprov Jabar di Halaman Gedung Sate. ...


Warta24--Mulai senin (28/01), Layanan Samsat J’bret (Samsat Jawa Barat Ngabret) di resmikan oleh Pemprov Jabar di Halaman Gedung Sate. Menurut Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Pemprov Jabar merilis sebuah inovasi. Dikarenakan jumlah masyarakat Jabar ada 45 juta yang aktif menggunakan kendaraan bermotor.

Ridwan Kamil juga mengatakan, “Jangan sampai masyarakat tak produktif karena mengurus dokumennya harus ngantri. Makanya lahir J’bret ini.  Jadi bayar pajak kendaraan bermotornya banyak pilihan”.

Dia juga kembali menegaskan bahwa nantinya masyarakat Jabar sekarang tak perlu mengantri untuk membayar pajak. Sebab banyak sekali pilihan. Untuk yang senang digital membayarnya bisa lewat Bukalapak, Tokopedia dan lainnya. Tapi kalau masyarakat ada yang senang ke warung, bisa membayarnya diwarung.

"Nah untuk finishing akhirnya bisa di BJB atau 44 Polsek se Jabar," tambahnya.

Menurut nya, dengan adanya layanan Samsat J'bret ini, jadi lebih praktis dan mudah dalam membayar pajak. Sekarang negara yang mendatangi warga. Jadi, warga tak harus selalu datang ke kantor negara untuk membayar pajak. Dia pun berharap program ini merupakan inovasi yang baik dan layak untuk dipopulerkan.

"Menpan RB juga kan mengapresiasi akan mempopulerkan kebijakan ini jadi contoh ke seluruh Indonesia," ujarnya.

Ridwan Kamil biasa yang akrab disapa Kang Emil ini, mengakui layanan ini memang masih ada proses manualnya. Sebab, dari pihak kepolisian sendiri menyatakan harus ada pengecekan dokumen secara fisik juga. Guna memastikan keaslian dokumen.

Kang Emil menegaskan, "Tapi kan minimal dari jumlah prosedur yang ada, 90 persen sudah tak melewati pertemuan fisik,"

Agus Mulyana (Direktur bank BJB), selalu berkomitmen serta mendukung program Pemerintah dalam meningkatkan optimalisasi penerimaan pajak salah satunya bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor.

Menurut Agus, saat ini terdapat hampir 43 titik Samsat Outlet bank bjb yang tersebar di Wilayah Jawa Barat untuk memberikan kemudahan dan lebih mendekatkan terhadap masayarakat Jawa Barat yang akan melakukan kewajibannya dalam melakukan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

kuliah disini aja

Penulis : Muhamad Wajih R
Gambar : Antara
Sumber : Republika

Reponsive Ads