Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Bacaan wajib Kelas 12 [3]

Ilustrasi Kenapa?, tidak bisa dinafikan dan dipaksa orangtua mengintervensi kemauan anak, karna anak lah yang akan menjalani pilihann...

Ilustrasi

Kenapa?, tidak bisa dinafikan dan dipaksa orangtua mengintervensi kemauan anak, karna anak lah yang akan menjalani pilihannya. Tetapi anak juga tidak bisa memaksakan kemauannya, karna bagaimanapun orangtua yang melahirkan, banyak pengalaman, sudah merasakan gula garam kehidupan. Pointnya, Anak bisa mengambil pelajaran orangtua.

Orangtua tidak baik juga jika memaksakan kemauannya pada anak, begitupun sebaliknya. Karna pada hakikatnya manusia akan mempertanggung jawabkan hidupnya secara masing-masing, sendiri-sendiri.

D. Menentukan pilihan setelah lulus

Pilihan adalah suatu yang memaksakan Kita untuk memposisikan kemana kah langkah tujuan. Banyak pilihan bagus, tidak memilihnya sama sekali tidak diharapkan. Idealnya pilihan dibentuk dari awal sekolah, sehingga tujuan sekolah semakin jelas. Tetapi jika tidak demikian, bukan berarti terlambat. Kita adalah Raja di hari ini, maksudnya Kita bisa membuat pilihan dan rencana sendiri kapanpun.

Berikut kiat-kiat menentukan pilihan setelah lulus : 

1. Kenali diri. Apapun pekerjaan yang dilakukan, biasakan kenali diri. Siapa Kita, apa tujuan Kita, kenapa, bagaimana, dan seterusnya. Ini dilakukan guna memperjelas arah pilihan.
2. Berani bersuara. Bersuara disini mempunyai arti mengeluarkan pendapat, kemauan, pertanyaan, dan seterusnya. Karna pilihan/ tujuan akan berhasil difaktori oleh komunikasi yang baik antara Murid-Guru, Santri-~Kiai, Orangtua-anak, bahkan Tuhan-Hamba.
3. Cari prioritas. Semua pilihan bisa berpeluang penting, tapi diantara semuanya tentu ada yang lebih penting untuk dilakukan segera.
3. Musyawarah Mufakat. Diskusikan pilihan dengan Guru, Kiai, dan Orangtua. Cari jalan yang lebih baiknya
4. Istikharah-Tawakal. Biasakan agar Allah terlibat dalam hal apapun di kehidupan. Karna Dia lah yang maha tahu

E. Rekomendasi

Dahulu dan sekarang beda. Dalam dunia pendidikan atau keagamaan, dahulu power porsenal [kekuatan Sosok] laku keras dalam rujukan belajar, seperti Sahabat yang belajar kepada 

Hallo Kaula Muda Pemburu Beasiswa! Suda tahu Kampus terbaik Jakarta ini berikan ribuan beasiswa full? yu cek linknya disini

Penulis : Raihan
Gambar : Oncak
Sumber : Raihan

Reponsive Ads