Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Gempa Bumi 5.0 SR Guncang Kabupaten Malang

Warta24-- Kamis dini hari tadi (14/2) sekitar pukul 02.58 WIB, gempa tektonik kembali mengguncang wilayah Samudra Hindia Selatan Jawa, te...

Warta24--Kamis dini hari tadi (14/2) sekitar pukul 02.58 WIB, gempa tektonik kembali mengguncang wilayah Samudra Hindia Selatan Jawa, tepatnya terasa di kabupaten Malang Jawa Timur (Jatim).

Musripan, Kepala Geofisika Karangkates Malang memaparkan hasil pemutakhiran analisis BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki kekuatan 5,0 SR. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,35 LS dan 112,51 BT. "Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 134 kilometer (km)arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 69 km," ujar Musripan melalui pesan resmi kepada Republika. Kamis (14/2).

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak gempa bumi berkedalaman menengah ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia. Aktivitas ini, tambah dia, menyusup ke bawah Lempang Eurasia. Dengan kata lain, dibangkitkan oleh deformasi batuan melalui mekanisme pergerakan dari struktur sesar Obliqe Naik (Oblique Thurst Fault).

Gempa bumi juga kembali terasa di Bantur, Selopuro, Wlingi dan Kota Blitar. Gempa ini tidak berpotensi tsunami, hingga sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang terjadi akibat gemba tersebut.

Musripan menuturkan, BMKG belum memastikan akan adanya gempa susulan (aftershock) hingga pukul 03.25 WIB. Oleh karenanya, ia menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Kuliah disini aja..

Nama Penulis : Muhamad Wajih R
Gambar : Profesi unm.com
Sumber : Republika



Reponsive Ads