GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Pengamat Politik : Di Debat Kedua Pilpres, Kedua Capres Harus Tampil Orsinil

Warta24--Adi Prayitno, Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyarankan kepada Pasangan Capres-Cawapres Nomor AUrut 01 dan nomor 02 agar tampil orsinil pada debat kedua Capres 2019 mendatang. Ia mengatakan, kedua calo…



Warta24--Adi Prayitno, Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyarankan kepada Pasangan Capres-Cawapres Nomor AUrut 01 dan nomor 02 agar tampil orsinil pada debat kedua Capres 2019 mendatang. Ia mengatakan, kedua calon diharapkan saling berdebat tanpa khawatir dengan dampak elektabilitasnya. Sehingga debat kedua akan lebih menarik dan berisi daripada debat yang pertama.
“Di debat kedua Jokowi dan Pak Prabowo harus tampil orisinil saja. Jokowi apa adanya sampaikan visi misinya,  kalau mau nyerang ya nyerang saja nggak perlu sungkan. Nggak perlu takut karena elektabilitas. Begitupun Prabowo,” ujar Adi saat dihubungi, Sabtu (2/2).

Ia juga menilai, Jokowi dan Prabowo harus tampil orsinil tanpa takut elektabilotasnya menurun seperti pada debat pertama. Terutama Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yang tidak menampilkan karakter sesungguhnya. Ia menilai Prabowo justru tampil lebih tenang.
“Keliatan sekali dia (Prabowo) terlalu menahan diri banget, ketika dia ditanya tentang caleg eks koruptor di Gerindra, ketika moderator bilang tidak boleh nanggapin. Keliatan banget dia joget-joget. Itu ekspresi kemarahan yang terpendam sebetulnya," jelasnya.

Disamping itu, menurutnya. Menilai debat pertama tidak terlalu memuaskan masyarakat, terutama yang belum menentukan pilihannya, hal itu jelas terlalu terburu-buru jika peningkatan  elektabilitas hanya dilihat dari debat pertama .

“Kalau ukurannya debat saya kira terlampau buru-buru ya, apalagi debat pertama ini dilihat agak sedikit hambar, normatif dan kurang greget,” kata Adi.
Selain itu, sebelumnya, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survey terbaru pasca debat pertama Pilpres pada 17 Januari lalu. Hasilnaya, baik pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 ataupun nomor urut 02 tidak berubah secara segnifikan.

Yu dapatkan Full Beasiswa di kampus terbaik! cek disini

Penulis : Muhammad Wajih. R
Gambar : MedanTribun.Com
Sumber : Republika