GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Sebanyak 6.8000 Ton Beras Tak Layak Konsumsi Ditemukan Di Sumsel

Warta24--Sebanyak 6.8000 ton beras tak layak konsumsi di temukan di gudang Bulog Ogan Komering Ulu Timur, Sumatra. Beras tersebut ditemukan oleh direktur Pengadaan Perum Bulog, Bachtiar saat meninjau langsung gudang bulog di KM 9…

Warta24--Sebanyak 6.8000 ton beras tak layak konsumsi di temukan di gudang Bulog Ogan Komering Ulu Timur, Sumatra. Beras tersebut ditemukan oleh direktur Pengadaan Perum Bulog, Bachtiar saat meninjau langsung gudang bulog di KM 9, Palembang, Sabtu (09/01). Selain tak layak konsumsi beras tersebut juga terlihat rusak.

"Total ada 6.800 ton beras yang di stok di gudang OKU Timur. Tapi kami belum dapat memastikan berapa banyak stok yang harus dimusnahkan," kata Bachtiar kepada wartawan, Senin (11/9/2019).

namun, dari total beras yang rusak dan tak layak pakai masih ada beberapa ton yang bisa doi produksi ulang untuk dijadikan pakan ternak. Selain itu, Bachtiar juga mengatakan telah membentuk tim yang akan di kirim untuk memeriksa langsung ribuan ton beras tersebut.

"Jika sudah dapat angka pastinya dari tim yang ke lapangan nanti baru kami bisa sebutkan kerugian dari beras turun mutu ini berapa. Berapa yang nantinya memang tidak layak dikonsumsi lagi," katanya.

ia menjelaskan, beras yang sudah lebih dari 2 tahun akan memiliki kualitas yang sangat rendah, ia juga mengatakan, kedepannya akan menyeleksi lagi bulog yang turun mutu tetapi masih bisa di manfaatkan untuk pakan ternak.


"Dalam pembelian ada tata caranya dan kami pastikan ini sesuai kriteria. Seperti untuk beras medium kadar broken 20%, serta kadar air di bawah 14% dan sosoh 95%," katanya.
Secara tegas Bachtiar menyebut beras yang tertahan di gudang OKU Timur itu karena perubahan kebijakan pemrintah. Di mana semula bantuan sosial berupa beras untuk keluarga sejahtera menjadi bantuan pangan non tunai.

"Biasanya bantuan sosial pakai beras Bulog. Namun pada 2017 beralih jadi nontunai. Ini penyebab beras tertahan dj gudang bulog OKU Timur," ujarnya.

BACA JUGA  : Mendapat Dukungan Dari Keluarga Bani Kholil Bangkalan, Ma’ruf Semakin Optims Menangkan Pilpres 2019


Hari gini masih bingung nyari Beasiswa? yu cek disini

Penulis : Rismawati
Gambar : TribunNews.Com
Sumber : Detik.Com