Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Pasca OTT Romahurmuziy, Dua Lembaga Suirvei Ini Tunjukan Elektabilitas Jokowi Semakin Menurun

Warta24-- Hasil survei Litbang Kompas menunjukan pasangan penantang capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-sandi semakin meningkat. Hal ...



Warta24--Hasil survei Litbang Kompas menunjukan pasangan penantang capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-sandi semakin meningkat. Hal itu dikemukakan langsung kepada awak media oleh Ketua Dewan Pendiri Garda PAS (Gerakan Nasional Penyelamat Bangsa), Wibosono. Jakarta, (21/03).
Wibi mengatakan, tingkat elektabilitas yang aman untuk petahana harus diatas 60 persen.  “Elektabilitas 49,2 persen yang dikeluarkan Litbang Kompas ini sudah menunjukkan akan kekalahan Jokowi,” pungkas  wibi.
Pada maret 2019, Litbang Kompas merilis survei tingkat elektabilitas kedua pasangan capres. Pada survei tersebut, Jokowi  Jokowi-Maruf hanya 49,2 persen, Prabowo-Sandi kian mendekati yaitu 37,4 persen serta yang masih merahasiakan pilihannya sebanyak 13,4 persen.
Selain itu,Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring (IDM)  mengatakan selisih 11,8 bukan hal sulit untuk seorang Prabowo-Sandi. Mengingat survei tersebut dilakukan sebelum Oprasi Tangkap Tangan (OTT) oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi yang menyeret nama M. Romahurmuziy selaku petinngi di Tim kampanye Nasional (TKN) pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf. OTT tersebut dinilai sangat berpengaruh terhadap elektabilitas Jokowi-Ma’ruf.
Sebelumnya, Litbang Kompas juga melakukan survei pilihan capres dan cawapres berdasarkan usia pemilih, dengan hasil sebagai berikut:
Gen Z/pemilih pemula
Oktober 2018:
Jokowi-Ma’ruf:39,3 persen
Prabowo-Sandiaga: 44,8 persen
Rahasia: 15,9 persen
Maret 2019:
Jokowi-Ma’ruf:42,2 persen
Prabowo-Sandiaga: 47,0 persen
Rahasia: 10,8 persen
Millenia muda (22-30):
Oktober 2018:
Jokowi-Ma’ruf: 43,3 persen
Prabowo-Sandiaga: 42,4 persen
Rahasia: 14,49 persen.
Senda dengan hal tersebut, Badan pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi juga mengatakan Survei Internalnya menunjukan elektabilitas Prabowo-Sandi naik diatas 60%.  “Alhamdulillah survei internal kami mengungkap fakta seperti itu, Prabowo-Sandi sudah unggul atas Jokowi-Ma’ruf,” kata Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi, Nanik S. Deyang melalui pesan singkat diterima di Jakarta, Selasa (19/3/2019).
Ia menjelaskan, fakta lembaga survei internal itu menyajikan data-data objektif di lapangan yang menyebutkan Prabowo-Sandiaga sudah unggul di 32 provinsi. Khusus untuk Bali dan NTT, posisinya 50 persen banding 50 persen.
Dengan survei tersebut tidak membuat BPN lengah, ia mengatakan akan tetap berusaha meningkatkan kerjanya. . “Kami harus menang banyak untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kami inginkan,” tegas wibi, [21/3 ).
#2019KuliahMurah! Kuyy cek disini 

Penulis : Yani Suryani
Gambar : scsi.scundip
Sumber : Majalahceo.com




Reponsive Ads