Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Pesta Demokrasi Semakin Dekat, Kini Satu WNA Kembali Ditemukan Di Mataram

Warta24-- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota Mataram telah mencoret satu Warga Negara Asing (WNA) atas nama Hiromi Kanno yang masu...


Warta24--Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota Mataram telah mencoret satu Warga Negara Asing (WNA) atas nama Hiromi Kanno yang masuk sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Ia juga menyebutkan pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub) Nusa Tenggara Timur (NTB) nama Hiromi Kanno tidak terdaftar di DPT. 

"Kita pastikan sudah dicoret, WNA tidak boleh memilih dan kami tidak akan keluarkan C6 karena dia WNA," ujar Ketua KPUD Kota Mataram Husni Abidin di Kantor KPUD Kota Mataram, Selasa (12/3).
Husni menjelaskan, sebelumnya KPU RI mengirimkan dua nama WNA atas nama Hiromi Kanno dan Mahyuni  yang terdaftar dalam DPT namun kemudian pihaknya melakukan pengecekan kelapangan.
Diketahui, Hiromi Kanno merupakan WNA asal Jepang yang telah menikah dengan warga Lombok dan memiliki dua anak serta memiliki kartu keluarga (KK). "Hiromi terdaftar satu KK karena dia menikah dengan WNI dan punya dua anak dua WNI juga tapi status KTP dia tetap WNA karena belum pindah (kewarganegaraan) WNI," lanjut Husni.

Dengan begitu, kata Husni, nama Hiromi langsung dicoret lantaran tidak memenuhi syarat sebagai pemilih karena masih berstatus WNA.
Sementara untuk Mahyuni, Husni menjelaskan terdapat kesalahan ketik pada nomor induk kependudukan (NIK) KTP-Elektronik (KTP-El) milik Mahyuni, terutama pada angka terakhir pada NIK yang tertukar dengan WNA asal Vietnam bernama Nguyen. Maka Mahyuni merupakan WNI yang sah dan telah terdaftar dalam DPT. Sementara Nguyen, kata Husni, tidak masuk dalam DPT

"Ketika dikirim dari (KPU) pusat itu tercantum NIK Nguyen tapi namanya Mahyuni, Dari laporan, ada kesalahan ketik di akhiran (NIK). Mahyuni itu WNI dan Nguyen itu WNA dan kita cek Nguyen tidak masuk DPT sehingga hanya satu WNA yang masuk DPT yaitu Hiromi dan sudah kita coret," kata Husni menambahkan.

yu raih Beasiswamu disni! Cek Link Berikut

Penulis : Wahyu
Gambar : Malangtoday.Net
Sumber : Republika

Reponsive Ads