Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Serentak Tolak Hoax, Polri Gelar Seminar Nasional bersama BEM se-Indonesia

Warta24— Divisi Humas Mabes Polri gelar acara Seminar Nasional dengan tema menciptakan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk. Acara ini d...

Warta24—Divisi Humas Mabes Polri gelar acara Seminar Nasional dengan tema menciptakan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk. Acara ini di gelar di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis (28/3).
Seminar ini dihadiri oleh di hadiri oleh Kepala Badan Intelijen Kepolisian, Ketua DPR RI, Menkominfo, Ketua KPU RI , Kadiv Humas Polri, Karo Multimedia Divhumas Mabes Polri, serta Pakar Hukum Prof. DR. Moh. Mahfud MD., dan Pakar Ilmu Komunikasi Effendi Gazali, Ph.D, MPS ID.

Seminar ini juga dihadiri ratusan BEM Universitas di Indonesia, mulai dari kata sambutan hingga diskusi panel.

Wakabaintelkam Polri Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si., memberikan sambutan

Kapolri yang diwakili oleh Wakabaintelkam Polri Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh peserta sebagai pemegang estafet kepemimpinan yang akan berpindah masa mendatang agar sama-sama menjaga situasi dan kondisi kamtibmas, terkhusus dalam tahun pemilu 2019.

“Jangan mudah percaya terhadap informasi atau berita yang belum jelas kebenarannya. Apalagi menjelang Pemilu 2019, sangat banyak orang-orang yang menyalahgunakan media sosial. Sehingga dapat berdampak negatif terhadap persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkap Wakabaintelkam Polri tersebut.

Menkominfo Rudiantara memberikan sambutan

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara menuturkan juga dalam sambutannya supaya masyarakat tidak mudah percaya dan harus selektif terkait maraknya penyebaran informasi bohong dan hoax yang terus meningkat setiap tahunnya.

“Dari Agustus 2018 hanya 25, Desember 75, lalu Februari 2019 353 jumlahnya,” ujar Rudiantara dalam seminar nasional Divisi Humas Polri bertema “Melawan Hoax untuk Menciptakan Pemilu 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk di Media Sosial” di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (28/3).

Mahfud MD memberikan sambutan

Mahfud MD juga kerap menambahkan dalam sambutannya meminta agar polri tetap berdiri didepan dan tidak mundur dalam menindak pembuat dan penyebaran hoax. Dia juga menegaskan kepada Polri agar tidak membiarkan tuduhan kriminalisasi yang kerap menghampiri dan tetap memberantas berita hoax dari tanah air yang tercinta ini.

“Kalau dituduh kriminalisasi, mundur, ya nggak bisa berbuat apa-apa, kita semakin banyak hoaks. Biarkan saja dituduh kriminalisasi, toh nanti akan terlihat unsur pidana,” jelas Mahfud di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019).

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo  memberikan sambutan

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menghimbau supaya setiap pihak mengantisipasi dari segala berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian (hate speech). Dia mengkhawatirkan karena dekatnya hari ini dengan Pemilu nanti hanya sekitar 20 hari lagi, semakin banyak penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian di berbagai platform media sosial.

“Berita bohong dan ujaran kebencian adalah teror bagi demokrasi. Tidak hanya di Indonesia, berbagai negara juga sedang menghadapi hal serupa. Agar bisa keluar dari serangan berita bohong dan ujaran kebencian, bangsa Indonesia harus meningkatkan literasi digital. Jangan mudah mempercayai sebuah informasi yang diterima, apalagi yang dibumbui dengan kata-kata bombastis yang disajikan tanpa fakta dan data, ” jelas Ketua DPR RI saat menjadi pembicara pada seminar nasional yang diselenggarakan Polri tersebut.

Brigjen Pol. Budi Setiawan bersama Mahasiswa

Brigjen Pol. Budi Setiawan dalam seminar tersebut, perwakilan para penggiat media sosial dari berbagai komunitas dan BEM Mahasiswa perwakilan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia akan unjuk kreativitas melawan hoaks.

“Terselenggaranya pemilu yang aman, sejuk dan damai pada Pileg dan Pilpres 2019, merupakan konsern dari berbagai pihak termasuk Polri,” jelas Brigjen Pol. Drs. Budi Setiawan, M.M di Balai Kartini, Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

“Selain itu peserta juga akan menandatangani Pakta Integritas anti hoaks untuk menjaga keutuhan NKRI,” jelas Brigjen Pol. Drs. Budi Setiawan.


Kuliah murah? Disini aja

Nama Penulis : Muhamad Wajih R
Gambar : Zaenuddin Arsyad
Sumber : Tribatanews


Reponsive Ads