Berikut Waktu Dan Alur Hasil Real Count Pemilu 2019 - Warta 24 Indonesia
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Berikut Waktu Dan Alur Hasil Real Count Pemilu 2019

Warta24—Kemarin, Rabu (17/4/2019) Rakyat Indonesia telah melaksanakan pemilihan umum (pemilu) legislatif dan presiden. 
Hasil hitung cepat atau quick count sudah keluar dan hingga saat ini menunjukkan calon presiden nomor urut 01…


Warta24—Kemarin, Rabu (17/4/2019) Rakyat Indonesia telah melaksanakan pemilihan umum (pemilu) legislatif dan presiden. 

Hasil hitung cepat atau quick count sudah keluar dan hingga saat ini menunjukkan calon presiden nomor urut 01 sekaligu petahana Joko Widodo mengungguli saingannya, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Masyarakat masih harus bersabar menanti siapa pemimpin baru Indonesia setidaknya hingga pengumuman real count resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dijadwalkan selesai 22 Mei 2019 nanti.

KPU RI menggunakan cara manual dalam melakukan penghitungan suara, Penghitungan suara dilakukan secara terbuka dan dihadiri saksi dan pengawas. Setiap saksi mendapat dokumen hasil hitung atau rekap.

Hasil penghitungan suara masing-masing TPS di tiap kecamatan digabungkan, sehingga ditemukan satu angka suara yang merepresentasikan perolehan suara di satu kecamatan. 

Tercatat ada 7.201 kecamatan yang akan melaksanakan proses ini, dan akan berjalan dari 18 April hingga 4 Mei 2019. 

Selanjutnya hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan tersebut digabungkan di level kabupaten/kota, dan dihasilkan angka yang merepresentasikan perolehan suara di tiap-tiap 514 kabupaten/kota. Proses ini dilaksanakan mulai 22 April hingga 7 Mei 2019. 

Terus pengumpulan surat suara di tingkat kabupaten atau kota, kemudian dilakukan rekapitulasi surat suara di tingkat provinsi. Proses ini dilakukan di 34 provinsi dari 22 April hingga 12 Mei.

Terakhir Hasil suara di 34 Provinsi tersebut kemudian digabung menjadi hasil dari penghitungan suara tingkat nasional. Barulah ketahuan hasil perolehan suara yang sebenarnya. 

Hari gini masih pusing biaya kuliah mahal? Yu raih kesempatan beasiswa disini


Penulis: Fatih

Gambar : CNBC Indonesia

Sumber : CNBC Indonesia