Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Sekolah Favorit, Berikut Kata Mendikbud

Warta24— Muhadjir Effendi selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI meminta masyarakat untuk menerima kebijakan sistem zonasi dalam P...


Warta24—Muhadjir Effendi selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI meminta masyarakat untuk menerima kebijakan sistem zonasi dalam PPDB 2019.

Mendikbud menegaskan kembali bahwa pemerintah ingin menghapus adanya label sekolah favorit yang berkembang masyarakat.

"Masyarakat ini ada yang memang belum tersosialisasi dan ada yang pura-pura belum tersosialisasi karena dia masih berharap keinginannya bisa terpenuhi. Karena itu saya mohon masyarakat mulai menyadari bahwa namanya era sekolah favorit itu sudah selesai," ujar Muhadjir, Senin (26/6/2019).

Sistem zonasi tersebut menjelaskan bahwasanya tidak ada lagi sekolah yang isinya anak-anak dengan kriteria nilai khusus. 

Sekolah akan diisi oleh siswa yang lebih heterogen.

"Sekolah favorit yang homogen sudah enggak ada lagi, sekarang relatif heterogen," tambah Muhadjir.

Kata Mendikbud, percuma jika orangtua siswa memaksa anaknya masuk ke sekolah yang diinginkan. Sebab sekolah yang semula diberi label favorit juga sudah berubah menjadi heterogen.

Pemerintah menerapkan sistem zonasi pada PPDB 2019. Sistem ini mengatur bahwa jarak dari rumah ke sekolah sebagai syarat utama, bukan nilai rapor dan ujian nasional.

Kuliah murah? Disini aja

Penulis : Fatih
Gambar : Kompas
Sumber : Kompas

Reponsive Ads