GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Kasus Khashoggi Akibatkan Arab Saudi Gagal Jadi Tuan Rumah KTT G20?

Warta24—Penyelidikan oleh Pakar PBB atas kematian Khashoggi mengatakan, kasus ia tangani adalah "pembunuhan oleh negara". Hal itu menurutnya harus mendorong pemimpin dunia untuk mempertimbangkan kembali Arab Saudi sebag…


Warta24—Penyelidikan oleh Pakar PBB atas kematian Khashoggi mengatakan, kasus ia tangani adalah "pembunuhan oleh negara". Hal itu menurutnya harus mendorong pemimpin dunia untuk mempertimbangkan kembali Arab Saudi sebagai tuan rumah KTT G20 pada tahun depan.

"Pembunuhan Khashoggi memenuhi semua karakteristik pembunuhan negara," kata Agnes Callamard, pakar PBB yang ditugaskan untuk menyelidiki kematian Khashoggi, berbicara di Brookings Institution, Washington dikutip dari The Straits Times, Rabu (3/7/2019).

laporan terperinci pada bulan lalu menyimpulkan, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) harus diperiksa terkait dugaan adanya peran dalam pembunuhan jurnalis Khashoggi pada tahun lalu. Callamard juga menggaris bawahi ketidakberesan dalam pengadilan terhadap orang-orang pelaku "eksekusi".

"Ke-11 orang yang diadili saat ini (oleh pengadilan Arab Saudi) benar-benar berada di level terendah. Pengadilan tersebut telah gagal ... untuk membongkar rantai komando," kata Callamard. 

"Langkah logis berikutnya bagi saya adalah mengidentifikasi tanggung jawab individu dalam hubungannya dengan pembunuhan, khususnya dalam rantai komando."

Kemudian, Kasus pembunuhan Khashoggi telah mengundang kecaman global dan merusak reputasi sang putra mahkota Saudi. Selain itu, juga telah mendorong upaya bipartisan di Kongres AS untuk membatasi penjualan senjata ke Negeri Petrodollar.

Kuliah murah? Disini aja

Penulis : Fatih
Gambar : Liputan6
Sumber : Liputan6