Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Iran Guncang Dunia Dengan Uranium

Warta24— Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengeluarkan peringatan Teheran bermain dengan api. Iran mengumumkan telah meng...


Warta24—Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengeluarkan peringatan Teheran bermain dengan api.

Iran mengumumkan telah mengumpulkan lebih banyak uranium level rendah dari yang diizinkan berdasarkan kesepakatan nuklirnya dengan kekuatan dunia 2015. 

"Tidak ada pesan ke Iran. Mereka tahu apa yang mereka lakukan. Mereka tahu apa yang mereka mainkan, dan saya pikir mereka bermain dengan api. Jadi, tidak ada pesan ke Iran sama sekali," kata Trump.

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan langkah itu bukan pelanggaran perjanjian, dengan alasan Iran menggunakan haknya menanggapi pemogokan AS.

Pengumuman Teheran menandai langkah besar pertama di luar ketentuan pakta setelah Amerika menariknya lebih dari setahun yang lalu. 

Kurang dari dua pekan setelah Trump mengatakan ia memerintahkan serangan udara ke Iran, lalu membatalkannya beberapa menit sebelum pergi.

Langkah ini dapat memiliki konsekuensi yang luas pada diplomasi saat negara-negara Eropa berusaha menarik Amerika dan Iran kembali dari konfrontasi. 

Eropa mendesak Iran tidak mengambil langkah lebih lanjut yang akan melanggarnya. Tetapi mereka menahan diri untuk menyatakan perjanjian itu batal atau mengumumkan sanksi mereka sendiri.

"Kami tidak melanggar #JCPOA," tulis Zarif di Twitter, merujuk pada kesepakatan Joint Comprehensive Plan of Action.

Kuliah murah? Disini aja

Penulis : Fatih
Gambar : Republika
Sumber : Republika

Reponsive Ads