Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Antara Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar

Warta24— Dua peristiwa bersejarah yang ada di dalam Bulan Ramadan adalah Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar Kedua peristiwa penting i...


Warta24—Dua peristiwa bersejarah yang ada di dalam Bulan Ramadan adalah Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar

Kedua peristiwa penting itu berbeda makna. Meski demikian, tidak sedikit umat Islam yang mengartikan malam Nuzulul Quran sama dengan Lailatul Qadar. 

Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Alquran yang bertepatan dengan malam yang disebut Lailatul Qadar. 

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Qadr ayat 1-5. Namun begitu, Nuzulul Quan sering diperingati pada malam 17 Ramadan.

Sementara umum diketahui bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada sepertiga malam yang terakhir bulan Ramadhan. Mengapa bisa berbeda ? Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”. (QS. Al-Qadr 1-5).

Dalam sebuah riwayat disebutkan, Ibnu Abbas RA menjelaskan bahwa Alquran yang diturunkan pada Lailatul Qadar keseluruhnya; baru kemudian secara berangsur diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. (HR. Ath-Thabrani). 

Hari gini masih pusing biaya kuliah mahal? Yu raih kesempatan beasiswa disini


Penulis : Fatih

Gambar : INews

Sumber : INews

Reponsive Ads