Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Mahasiswa IPB Sukses Ciptakan Aplikasi Santri Mentor Generasi Milenial

Warta24-- Mahasiswa IPB, Mar’ie Muhammad berhasil menciptakan aplikasi untuk menempatkan santri sebagai mentor generasi milenial. Aplika...


Warta24--Mahasiswa IPB, Mar’ie Muhammad berhasil menciptakan aplikasi untuk menempatkan santri sebagai mentor generasi milenial. Aplikasi tersebut bernama Integrated Family Mentoring (I-FM)
"Saya berharap aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, terlebih melihat potensi bonus demografi 2030 yang menghasilkan ledakan generasi muda," katanya melalui Humas IPB di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/2).

Mar’ie menjelaskan dengan adanya bonus demografi tersebut bisa melahirkan generasi muda yang beriman, bertaqwa serta memiliki integritas. Sehingga akan menjadikan pemuda sebagai pemimpin yang akan membawa kemajuan dan melahirkan perubahan di masa keemasannya yaitu pada tahun 2045.
Aplikasi I-FM atau Pendampingan Terintegrasi Keluarga Berbasis akun "bot line" yang dirancang Mar'ie Muhammad itu  mengantarkannya menyabet juara I lomba Gebyar CSSMoRa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada 15 Desember 2018 dengan tema "Tantangan Santri dalam Menghadapi Bonus Demografi di Masa Depan".
Selain itu, ia juga menjelaskan aplikasi tersebut adalah salah satu strategi untuk membina karakter secara sistematis, berkelanjutan dan sesuai dengan dunia generasi milenial. Mar’ie juga menjelaskan sasaran dari aplikasi ini adalah generasi milenial di tingkat SD, SMP, SMA, sebagai mentee (pihak yang di bimbing)
Cara kerja secara teknis aplikasi I-FM "online", kata dia, yakni di dalam satu kelas siswa dibagi menjadi kelompok kecil sebanyak 5-10 orang.  Kemudian, setiap kelompok kecil dimasukkan ke dalam satu grup "line" yang berisikan akun "bot" I-FM dan mentor.
Tugas akun "bot" I-FM sebagai penyedia konten pendidikan karakter, sementara mentor akan bertindak sebagai penjelas nilai-nilai konten yang diberikan oleh "bot" I-FM.
Rancangan aplikasi itu diharapkan menjadi hal positif di tengah demoralisasi generasi muda akibat dampak negatif media sosial. "Santri dapat menjadi contoh bagi generasi muda karena memiliki pemahaman agama yang baik," katanya.

masih bingung nyari beasiswa? yu cek disini

Penulis : Wahyu
Gambar : Selular.Id
Sumber : Republika.Com

Reponsive Ads